fbpx

Kesaktian SEO dan SEM

Arya Maulana,

2 November 2020

Search engine home page

SEO dan SEM Merupakan Bagian Penting dari Digital Marketing

Pandemi COVID-19 tidak kunjung usai. Dampaknya di luar apa yang kita pikirkan. Sebagian beberapa bisnis terpaksa gulung tikar. Namun, beberapa bisnis malah sukses karena menerapkan digital marketing di masa pandemi ini.

Di zaman digital saat ini penting untuk mengetahui tentang strategi-strategi digital marketing. Terutama pada pengembangan website bisnis Anda. Website dapat membantu meningkatkan awareness brand Anda sekaligus dapat mendorong penjualan.

Mengembangkan Sebuah Website Tidak Semudah Yang Kita Pikirkan

desain web

Perlu adanya optimasi pencarian, keyword, dan artikel. Tetapi ada juga cara untuk mendorong website Anda dengan cara membayar. Itu lah mengapa kita menyebutnya SEO dan SEM. Perlu adanya kerja sama tim untuk membuat website yang bagus.

SEO dan SEM memang istilah yang masih berbayang di benak kita. Bagi Anda para pelaku bisnis, mungkin pernah mendengar istilah-istilah tersebut namun kurang memahami apa perbedaan dari keduanya.

Ketika seseorang menggunakan istilah SEO, biasanya ia tak serta-merta menyebutkan pula istilah SEM. Kedua istilah ini memang sering digunakan secara bergantian, tidak pernah dipakai secara bersamaan. Mari kita mulai dari pemahaman mendasar yang benar terlebih dahulu tentang masing-masing istilah SEO dan SEM.

Jadi apa itu SEO?

search engine optimization

Kepanjangan dari SEO adalah Search Engine Optimization atau bisa dibilang proses optimasi terhadap website beserta segala aspeknya (konten, sistem, algoritma, kenyamanan pengguna, dan lain-lain) agar peringkatnya bagus di mesin pencarian seperti Google atau Bing.

Jika Anda ingin mendapat lebih banyak pengunjung website dan dapat lebih banyak calon konsumen yang berpotensi, SEO adalah jawabannya. Kok bisa? Jadi, ketika seorang pengguna Google mencari-cari hp dibawah 2 juta, ia kemungkinan besar akan mengetik keyword “hp dibawah 2 juta terbaik 2020” dan hasil yang muncul di halaman pertama lah yang akan di klik oleh orang tersebut. Jika Anda beruntung, ia akan membaca artikel yang sudah Anda buat sebelumnya dan berniat membeli produk hp di tempat Anda juga (seandainya Anda merupakan website e-commerce penjual hp tersebut).

Inilah pentingnya SEO, ketika hampir semua pengguna internet bergantung pada mesin telusur raksasa, Google. Apa yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google merupakan halaman dari website yang telah teroptimasi (melalui SEO). SEO ini sebenarnya merupakan komponen dari kategori yang lebih besar yaitu Search Engine Marketing (SEM) itu sendiri.

Hukum dan aturan tak tertulis SEO memang terus berubah seiring  dengan perubahan algoritma mesin telusur itu sendiri dari waktu ke waktu. Namun, ada satu aspek dari SEO yang tetap konsisten yaitu: On-Page SEO dan Off-Page SEO. Inilah komponen inti SEO. Pahami lebih dalam keduanya lewat daftar berikut!

SEO On-Page meliputi:

jasa pembuatan website
  • Memasukkan target keyword secara konvensional ke dalam judul blog post, heading tag, meta description, dll.
  • Merapikan format URL halaman / page Anda.
  • Mengoptimalkan kecepatan dimuatnya halaman website Anda.
  • Mengintegrasikan berbagi media sosial dengan konten Anda.


Masih banyak lagi aktivitas optimasi lainnya yang termasuk SEO On-Page.

SEO Off-Page meliputi:

  • Melakukan Local SEO.
  • Membuat backlink yang berkualitas tinggi dan menempatkannya secara tidak “maksa”.

Selain itu, ada lagi aktivitas SEO Off-Page penting lainnya.

Kalo SEM itu apa?

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). SEM ini mencakup taktik SEO yang sebelumnya dibahas, dan juga beberapa teknik pemasaran terkait lainnya.

Komponen Apa yang Disertakan SEM?

Selain pengoptimalan bagi mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen. Apa saja contohnya? Contohnya adalah menggunakan layanan bayar per klik (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar, bentuknya adalah kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Nah jika Anda melakukan SEO, hal ini juga termasuk upaya SEM.

Emangnya bedanya SEO dan SEM apa sih?

seo vs sem

Kalau SEO itu meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat web itu muncul di peringkat tertinggi pada halaman hasil pencarian di mesin telusur. Sedangkan SEM, lebih besar jangkauannya, dianggap sebagai pemasaran pada internet yang meningkatkan visibilitas web lewat hasil mesin penelusur organik dan juga lewat iklan. Jadi SEM merupakan kegiatan SEO dan juga taktik/strategi pemasaran di mesin pencarian yang lainnya.

Itu adalah perbedaan utama antara kedua istilah tersebut yaitu bahwa optimisasi mesin penelusur (SEO) hanyalah sebuah komponen dari pemasaran melalui mesin penelusur (SEM). Seperti telah kami sebutkan juga sebelumnya di atas, SEM mencakup komponen pencarian berbayar semacam PPC dan bahkan juga termasuk Social Media Marketing.

Penting untuk dicatat bahwa Anda tidak boleh menggunakan istilah SEO dan SEM secara bersamaan untuk sebuah maksud spesifik. Mengapa? Karena meskipun mereka bekerja berdampingan, mereka bukan istilah yang sama. Singkatnya, SEO bagian dari SEM, SEM bukan bagian dari SEO, SEO adalah salah satu strategi SEM.

Lebih bagus yang mana? SEO atau SEM?

sem vs seo

Banyak orang marketing yang memperdebatkan apakah yang satu lebih baik dari yang lain. Menurut penulis, SEO organik adalah pendekatan yang terbaik. Mengapa? Seperti yang Anda lihat, SEM sesungguhnya tidak bisa berhasil mulus tanpa menggunakan taktik SEO yang organik.

Anda mungkin tergiur melakukan teknik Black Hat SEO, hasilnya bisa instan tapi dampaknya apalagi resiko penalti dari Google yang bisa Anda terima bisa jadi juga menghancurkan apa yang Anda bangun dalam sekejap saja.

Selain itu, memang ada banyak situasi/ kasus di mana PPC (salah satu komponen SEM) lebih masuk akal dibanding SEO. Sebagai contoh, jika Anda pertama kali meluncurkan website dan Anda ingin segera meningkatkan visibilitasnya bagi pengguna internet di luar sana, ya logikanya lebih cepat dan efektif untuk membuat kampanye PPC. Mengapa? Karena kampanye ini membutuhkan waktu kurang dari aktivitas SEO (yang hasilnya tak mungkin muncul secara singkat).

Namun, walau SEO organik membutuhkan waktu lebih lama untuk menampilkan hasil, pada akhirnya akan lebih murah jika Anda bisa mengembangkan kredibilitas website Anda di mesin pencarian (membangun kredibilitas ini tidak bisa Anda buat dengan kampanye semacam PPC).

Jadi, gimana dong? Solusinya adalah dengan menjalankan keduanya secara beriringan. Keduanya sama pentingnya. Namun, perihal waktu memulai yang mana duluan, penting untuk mengevaluasi kebutuhan spesifik Anda. Namun, sekali lagi pastikanlah untuk sepenuhnya memahami perbedaan keduanya terkait target/kepentingan Anda serta bagaimana Anda mampu untuk mempertahankan upaya Anda itu.

Digital Republic dapat mengoptimalkan SEO dan SEM bisnis Anda

digital republic society

Miliki website terbaik untuk bisnis anda semudah beberapa klik saja. Global Digital Republic siap melayani anda untuk jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi dan jasa SEO dengan customer service terbaik. Jasa SEO dan SEM Digital Republic dapat mengoptimalkan website Anda. Selain itu, Digital Republic menawarkan berbagai macam jasa digital marketing, seperti: pembuatan aplikasi template, konten social media, graphic design, video ads, dan masih banyak lagi.

Aplikasi merupakan jalan pintas terbaik untuk bisnis anda. Dengan aplikasi anda bisa dengan mudah menampilkan produk dan layanan bisnis anda. Global Digital Republic menghadirkan mobile application canggih, mudah digunakan, dan hemat biaya ke ujung jari anda. Miliki aplikasi impian anda dimulai dari Rp 4.050.000. Segera hubungi kami, untuk mendorong penjualan Anda.

Consider checking our for more information about our services
aplikasi brand kecantikan
Mobile Application

Aplikasi Brand Kecantikan

Jika kalian pernah menggunakan filter di instagram, seperti pengganti muka atau quiz-quiz lucu, kalian tahu itu sangat menyenangkan, tetapi L’Oréal Paris membuat produk kecantikan lebih mudah dari sebelumnya dengan alat makeover virtual

read more »

If you find this article useful consider sharing with others!